Kamis, 09 Januari 2020



MUSRENBANGDes RKPDes Desa Bebeidas

Disela-sela pemaparan rancangan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2020, dihadapan peserta Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), Kepala Desa Bebidas, Harmain, menyinggung soal harapannya menjadikan Desa Bebidas sebagai Desa Alpukat. Menurutnya, menjadikan Desa Bebidas sebagai Desa Alpukat dengan mengajak seluruh warga masyarakat menanam Alpukat merupakat satu-satunya cara untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan meningkatkan perekonomian warga masyarakatnya. Hal ini dikemukakan Harmain pada acara Musrenbangdes RKPDes pada Selasa (3/12) minggu kemarin.
Musrenbangdes yang dihadiri oleh Camat Wanasaba, Kapolsek Wanasaba, Tim Pendamping P3MD Kecamatan Wanasaba, BPD, LKMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan segenap elemen masyarakat Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba itu, Harmain berjanji akan terus melakukan sosialisasi mengenai akan diterbitkannya peraturan desa (Perdes) tentang kewajiban menanam alpukat bersama ketua dan seluruh anggota BPD sebagai mitra pemerintah desa dalam merumuskan sebuah dasar hukum kebijakan yang akan dilakukan oleh pemerintah desa. “oleh karena itu, kami bersama ketua BPD beserta seluruh anggotannya, dengan bersama-sama akan mensosialisasikan Perdes tentang kewajiban menanam Alpukat, ini satu-satunya cara kita untuk meningkatkan PADes kita” jelasnya.
Anggaran yang didapat selama ini,  sambung Harmain, dianggap masih sangat kurang untuk Desa seluas Desa Bebidas. Untuk itu ia mengaku harus bekerja keras supaya ada sumber peningkatan pendapatan asli desa untuk dapat memenuhi kebutuhan pembangunan yang diusulkan dan butuhkan oleh masyarakat Desa Bebidas, “anggaran 1,4 miliar yang kita dapatkan itu terlalu kecil untuk desa kita” sebutnya. Dan kini desa bebidas telah memiliki tempat pembibitan alpukat, yang sekarang ini telah tersedia sekitar 40.000 bibit alpukat yang diperkirakan akan siap tanam pada bulan Februari – Maret 2020 mendatang.
Lebih jauh, Harmain juga menjabarkan beberapa prioritas dalan rencana kerja pemerintah desa seperti penanganan sampah yang meliputi tempat pembuangan dan sarana transportasi atau mobil pengangkut sampah, selain itu pula Pemdes Desa Bebidas juga akan membangun unit Reservoir air untuk menjamin ketersediaan air bersih, karena selama ini dibeberapa wilayah Desa Bebidas pantauannya masih belum maksimal, sering mengalami kemacetan. Disamping itujuga ada beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur seperti jalan lingkungan, sarana olahraga, pembenahan perpustakaan desa,  peningkatan ekonomi melalui BUMDes dan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya. (Adhi)


0 komentar:

Tuaq Adhi

Aku hanya menulis ketika ada bisikan hati. Aku tak akan menulis jika terpaksa apalagi dipaksa. Karena Menulis itu kerja pikiran, yang keluar dari hati. Jika tanpa berpadu keduanya, Hanya umpatan dan caci maki.

Utama

Cari Disini

Adhi. Diberdayakan oleh Blogger.

Ucapan

TERIMAKASIH TELAH BERKUNGJUNG DI Senandung Anak Desa

Translate

Kutipan

Semua manusia memliki potensi utk mencapai kebenaran, tetapi tidak mungkin kebenaran mutlak dimiliki oleh manusia, karena yg benar secara mutlak hanya Tuhan. Maka semua pemikiran manusia juga harus dinilai kebenarannya secara relatif. Pemikirn yg mengklaim sbg benar secara mutlak, dan yg lain berarti salah secara mutlak, adlh pemikiran yg bertentangan dgn kemanusiaan dan keTuhanan.

Note

Tidak ada satupun peradaban yang terlahir di bumi ini tanpa proses hijrah, Harimau yang terkenal sebagai raja rimba akan tetap dalam kelaparan kalau dia tidak meninggalkan sarangnya untuk mencari makan, keindahan sayap kupu-kupu akan menjadi keindahan pribadi tanpa bisa di nikmati orang kalau dia tidak meninggalkan kepompongnya, begitu juga halnya dengan manusia dia tidak akan mernjadi manusia paripurna kalau dia tidak meninggalkan kampung halamannya untuk menggali ilmu ilahi.

Popular Posts