Rabu, 18 Juli 2012


Peresmian Pasar Rakyat Suryawangi.



Permasalahan kemiskinan yang cukup kompleks membutuhkan intervensi semua pihak
secara bersama dan terkoordinasi. Namun penanganannya selama ini cenderung parsial
dan tidak berkelanjutan. Peran dunia usaha dan masyarakat pada umumnya juga belum
optimal. Kerelawanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang dapat menjadi sumber
penting pemberdayaan dan pemecahan akar permasalahan kemiskinan juga mulai luntur.
Untuk itu diperlukan perubahan yang bersifat sistemik dan menyeluruh dalam upaya
penanggulangan kemiskinan.
Untuk meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan
kerja, pemerintah meluncurkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)
Mandiri mulai tahun 2007. Melalui PNPM Mandiri dirumuskan kembali mekanisme upaya
penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Melalui proses pem-
bangunan partisipatif, kesadaran kritis dan kemandirian masyarakat, terutama masyarakat
miskin, dapat ditumbuhkembangkan sehingga mereka bukan sebagai obyek melainkan
subyek upaya penanggulangan kemiskinan.

Suryawangi –  Tepatnya pada hari rabu 17 juli 2012, di hadiri oleh Camat Labuhan Haji, Pemerintah Kelurhan, Lembaga – Lembaga kemasyarakatan yang ada Suryawangi, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda beserta segenap lapisan masyarakat Kelurahan Suryawangi, Pasar Rakyat Kelurahan Suryawangi secara resmi dibuka, peresmian ini langsung di pimpin oleh camat labuhan haji L. Zulkarnain. Menurut Zulkarnain dalam sambutannya bahwa pembangunan pasar rakyat ini merupakan pembangunan yang sangat tepat dan strategis. “mengingat wilyah labuhan haji yang terus berbenah menjadi wilayah atau kawasan wisata akan sangat memungkinkan keberadaan pasar rakyat ini kedepan menjadi ramai dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Suryawangi karna Suryawangi merupakan bagian dari wilyah Labuhan Haji” paparnya.
Hal senada juga di ungkapkan oleh Lurah Suryawangi Abdul Aziz,  bahwa pasar rakyat ini dihajatkan sebagai lokomotif pembangunan ekonomi masyarakat Kelurahan Suryawangi “ pembangunan pasar rakyat ini memang inisiatif pemerintah kelurahan beserta masyarakat suryawangi yang dihajatkan untuk mendongkrak prekonomian masyarakat”, ungkapnya.
Pasar rakyat suryawangi yang terletak di wilayah lingkungan Timba Lindur merupakan upaya serius pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan melalui  interpensi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Kelahiran pasar rakyat ini didasarkan atas kebutuhan masyarakat akan tempat atau wadah para pedagang kaki lima maupun pedagang bakulan yang ada di wilayah suryawangi. Pasar yang dibangun melalui program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) ini merupakan skala prioritas yang di usulkan oleh masyarakat yang sumber pendanaannya berasal dari dana Schering BLM PNPM melalui program PAKEM, APBD Lotim dan swadaya masyarakat,  ini terencana sejak lama dan dapat direalisasikan pada tahun anggaran 2010-2011. Dengan upaya serius trsebut para panitia Pakem selaku Panitia pembangunan, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Pemerintah Kelurahan beserta masyarakat, akhirnya pasar ini dapt terselesaikan dengan baik, dan yang menjadi kebanggaan dalam proses pembangunan ini adalah tingkat partisifasi masyarakat yang cukup tinggi, ini dibuktikan dengan total swadaya masyarakat melebihi dari jumlah yang tertuang dalam Budget (RAB) anggaran pembangunan.
Dalam sambutannya Abdul Azis mengatakan bahwa pasar rakyat ini menjadi harapan besar bagi Pemerintah Kelurahan dan masyarakat agar pasar ini mampu mendongkrak prekonomian masyarakat suryawangi. “kita berharapp keberadaan pasar ini mampu meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat suryawangi agar tingkat kesejahteraan mereka dapat lebih baik” harapnya. Dhi.


0 komentar:

Tuaq Adhi

Aku hanya menulis ketika ada bisikan hati. Aku tak akan menulis jika terpaksa apalagi dipaksa. Karena Menulis itu kerja pikiran, yang keluar dari hati. Jika tanpa berpadu keduanya, Hanya umpatan dan caci maki.

Utama

Cari Disini

Adhi. Diberdayakan oleh Blogger.

Ucapan

TERIMAKASIH TELAH BERKUNGJUNG DI Senandung Anak Desa

Translate

Kutipan

Semua manusia memliki potensi utk mencapai kebenaran, tetapi tidak mungkin kebenaran mutlak dimiliki oleh manusia, karena yg benar secara mutlak hanya Tuhan. Maka semua pemikiran manusia juga harus dinilai kebenarannya secara relatif. Pemikirn yg mengklaim sbg benar secara mutlak, dan yg lain berarti salah secara mutlak, adlh pemikiran yg bertentangan dgn kemanusiaan dan keTuhanan.

Note

Tidak ada satupun peradaban yang terlahir di bumi ini tanpa proses hijrah, Harimau yang terkenal sebagai raja rimba akan tetap dalam kelaparan kalau dia tidak meninggalkan sarangnya untuk mencari makan, keindahan sayap kupu-kupu akan menjadi keindahan pribadi tanpa bisa di nikmati orang kalau dia tidak meninggalkan kepompongnya, begitu juga halnya dengan manusia dia tidak akan mernjadi manusia paripurna kalau dia tidak meninggalkan kampung halamannya untuk menggali ilmu ilahi.

Popular Posts